Jumat, 21 Maret 2014

A Little Doom in My Life


There’s only one treasure in my life, MY MOM. I have a lot to talk about this one, so I will write this post in bahasa with my own style. In order to express what I feel very well. (Cause my English isn’t good enough).

3 minggu yang lalu mama sakit, kondisi badannya emang lagi drop dan lagi bolak balik dokter. Minggu sore (klo ga salah tgl 2 Maret) mama pergi ke rumah sakit untuk periksa lagi karena di lehernya ada benjolan dan perutnya bengkak entah kenapa. Malamnya setelah tutup toko, kami sekeluarga pulang ke rumah seperti biasa. Setelah minum obat, mama tidur dan aku beres-beres rumah. Bokap pergi “nenangga” (hal yang paling aku benci karna dilakukan pada saat yang gak tepat).

Menjelang malam (mungkin sekitar jam 8 atau 9) mama terbangun karna ingin ke kamar mandi. Aku nemenin mama, memapah, dan nungguin di dalam kamar mandi. And you know what? Tiba-tiba mama bilang kepalanya pusing.

“Ceh, mama ada dimana?” katanya.

Otak udah mulai ngerasa aneh. Perasaan udah mulai sedih, apalagi liat muka mama yang lemes banget.

Trus aku memampah mama untuk berdiri dan mau jalan ke kamar. Tapi apa? Mama kehilangan keseimbangan, menabrakan diri ke aku, aku gak kuat, dan singkat kata, kita berdua jatuh. Kepala mama sempet kejedot ke tembok. (untungnya pelan doang). Perasaan langsung campur aduk, ngerasa bersalah, panik, bingung. Mana gak ada orang lain di rumah. That’s why I was mad with my father. I really hate him. Kenapa harus pegi malem2 buat “nenangga” ngobrol-ngobrol gak jelas padahal uda tau mama lagi sakit. $%^&^#*#*($($ zzzzzzzzzzzzzz

Seketika aku nangis sejadinya, teriak teriak manggilin mama. Trus mama sempet buka matanya dan bilang:

“Ceceh kenapa nangis? Yuk kita ke kamar.”

Iya ke kamar mama bilang, tapi mama gak beranjak dari tempat kami jatuh tadi. Mama masih terkulai lemah di lantai. Aku coba untuk megangin badan mama dan memapah. Gak bisa.

Entah bagaimana akhirnya pelan-pelan mama bisa bangun dan minta ke kamar sambil tetap aku papah. Tapi karna takut bakal jatuh lagi aku putusin untuk ngedudukin mama di bangku meja makan. Abis itu aku lari ngambil hp dan telfon bokap sambil nangis dan setengah teriak. I was so mad at this time. If only he didn’t go out, my mom won’t fall.

Gak pake ba-bi-bu lagi, bokap langsung nyiapin mobil dan kita semua ke rumah sakit. KARNA NYOKAP PINGSAN! Saat itu aku langsung nyalahin diri sendiri kenapa sih nopang mama sendiri aja gak kuat, kenapa sih punya badan kok kecil banget. Semua pikiran negatif ada di otak.

Bokap bawa mobil uda kaya setan. Gak pake rem, nyalain lampu dim, dan maenin klakson terus-terusan. Iya tau lagi buru-buru tapi agak ngeri juga pas itu. Dan tiba-tiba mama ngomong sama aku

“Ceh bilangin bawa mobilnya pelan-pelan”

Copy that. Aku langsung bilang kaya gitu ke bokap. Dan sambil nangis, akhirnya aku melafalkan doa-doa di telinga mama sambil terus megangin muka mama. Entah bagaimana, setiap aku kesusahan secara otomatis doa-doa itu selalu keluar dari mulutku.

“Om mani padme hum”

Kalimat doa itu terus aku lantunkan di telinga mama. Itu yang memberiku kekuatan dan aku harap itu juga bisa memberikan mama kekuatan.

NB: Beberapa hari setelah keadaan mama lebih baik, mama bilang pada saat mama setengah sadar, mama mendengar suaraku yang sedang melantunkan doa-doa, dan itulah yang membuat mama berusaha bangkit. Jadi, buat temen-temen yang baca post ini, ketika ngerasa senang/susah tetaplah berdoa karna doa akan membuat kita kuat. Percaya pada kekuatan kebaikan.

Sampe di rumah sakit, mama langsung masuk UGD dan diinfus. Singkat cerita pada malam itu juga mama di cek jantung (EKG), cek darah, dan gak boleh pulang. Dokter UGD pada saat itu menyarankan kami untuk melakukan rontgen dada dan mamografi mengingat area leher, dada, dan perut mama yang bengkak. Kami setuju karna kami pikir penanganan secara cepat akan lebih baik. Tapi nyatanya, pemeriksaan tidak dapat dilakukan karena pada saat itu merupakan hari Minggu. Tidak ada lab yang beroperasi dan tidak ada dokter spesialis. Mereka menjanjikan melakukan pemeriksaan di hari berikutnya (Senin).

Sampe hari Selasa pagi, mama gak ditanganin. Mama gak diperiksa ke lab. Setiap suster yang ditanya bilangnya lagi ngejadwalin dan nyiapin ruangan. Hellowwwww emang mao pesta ulang tahun ampe ribet udah 2 hari gak kelar-kelar. Zzzzzzzz. Sebagai anak yang orang tuanya lagi sakit tentunya sedih dan kesel dong. Masa mama tercinta uda dirawat berhari-hari tapi gak ditangani. Tiba-tiba, ada bagian control service dateng ke kamar mama dan menanyakan bagaimana “kesan pesan” selama nginep di RS. Yaudahlah ya, mungkin emang ini helps from heaven. Aku ceritain deh tuh semua unek-unek, bagaimana pelayanannya dan segala macemnya. Tumpahin deh tuh semua rasa kesal. And you know what??? 5 menit kemudian dateng seorang suster ke kamar mama untuk ngebawa mama ngelakuin pemeriksaan di lab. Hahaha so “amazing” right?

Tapi pada post kali ini aku lebih ingin share tentang perasaanku. Menghadapi kenyataan bahwa wanita tercantik di dunia yang melahirkan aku sekarang terbaring lemah. Mau duduk pun susah. Semenjak mama jatuh di kamar mandi sampe masuk UGD, tangisanku gak berhenti. Hingga akhirnya Senin pagi mama dirawat, aku mulai bisa mengatur emosi. Hingga terbesit kembali seharusnya dulu aku kuliah jurusan kedokteran. Atau seenggaknya jurusan farmasi yang bisa paham obat apa yang bisa nyembuhin sakitnya mama. Seringkali aku sampai pada titik itu, sebuah penyesalan mungkin. Tapi biarlah, toh dulu juga nggak ada biaya untuk masuk FK, dan yang paling penting, mau aku berpikir ribuan kalipun, aku gak bisa ngerubah masa lalu.

Aku selalu menemani mama di kamar inap, tidak keluar dari kamar tersebut. Kebetulan waktu itu kamar inap tempat mama dirawat memiliki 2 tempat tidur, yang 1 masi kosong. Jadi aku gantian sama bokap tidur disitu.

Mama mau makan, aku suapin. Mama mau ke kamar mandi, aku temenin, aku papah. Mama mau ganti baju, aku yang gantiin. Pokoknya semua aku lakuin untuk mama. Pada saat itu, aku seperti mendapat kesempatan untuk refleksi diri. Kita hidup cuma untuk “nunggu giliran”. Selama ini mama yang melakukan semuanya untuk-ku. Mama masak, cuci baju, suapin aku, ngerawat aku ampe gede. Dan sekarang saatnya aku melakukan semuanya untuk mama. Gak cuma itu di satu sisi aku juga merasa berterima kasih sama Tuhan karena bisa dapat kesempatan untuk menjadi anak berbakti #begrateful. Ajaran yang aku yakini memberitahu bahwa ada 2 hal di dunia ini yang tidak bisa ditunda, yaitu:

1. Berbakti kepada orang tua
2. Berbuat baik

Jika pada kesempatan kali ini aku bisa melakukan hal nomor 1, aku sangat bersyukur. Karna selama ini aku masih berjuang menjadi anak berbakti untuk mama dan papa. Gak cuma berucap di mulut, tapi melalui tindakan nyata. Aku mencoba lebih dewasa menjalani hidup terutama menghadapi hal-hal tidak menyenangkan seperti ini. Perasaan sedih ketika orang yang dicinta merasa sakit, tentunya muncul pertama kali di dalam hati. It was a li’l doom in my life. Even worst, a big doom in my life. Gak pernah terpikir gimana jadinya hidupku ini tanpa mama. But, day by day I try to be more wiser. Hidup itu gak selamanya sedih dan gak selamanya senang. Jadi, gak boleh melekat terhadap sesuatu. Klo kata Ajahn Brahm: ”All is well.” Ada juga: “Untuk semua yang telah terjadi, terima kasih. Untuk semua yang akan terjadi, baiklah”.

#begrateful #lifeisgreat #stayawesome



Tidak ada komentar:

Posting Komentar