Kamis, 19 Mei 2011

Kisah Jiu Tian Xuan Nii .

Jiu Tian Xuan Nii ( Kiu Thian Hian Li ) secara umum sering disebut sebagai Xuan Ni Niang Niang ( Hian Li Nio Nio ) adalah seorang Dewi yang sangat tinggi kedudukannyadalam mithologi Tionghoa. siapa sesungguhnya Dewi ini ?

Dalam legenda disebutkan sesungguhnya Jiu Tian Xuan Nu adalah Nii Wa, seorang Dewi yang dalam dongeng purba diceritakan telah menciptakan manusia dari tanah liat dan mengatur perkawinan antar mahkluk itu dengan satu sistem . kisah Nii Wa yang paling terkenal adalah " Nii Wa menambal langit ". dikisahkan bahwa suatu ketika salah satu tiang yang menopang langit patah akibat pertempuran antara Gong Gong si Dewa Air dan Zhu Rong si Dewa Api. patahnya tiang langit ini menyebabkan banjir besar di Shenzhou ( sebutan bagi Tiongkok purba ) dan kebakaran hutan di beberapa bagian negeri itu. binatang buas lari lintang pukang menerjang pemukiman manusia. malapetaka ini menyebabkan Nii Wa sedih sekali. Ia melebur beberapa macam batu yang berwarna lima, menambal langit yang bocor dan tiang yang patah itu, mengganjal tepi angkasa yang miring dengan kaki kura-kura raksasa, memadamkan api dan mengeringkan banjir. kembali manusia dapat hidup tentram dan damai berkat jerih payah Nii Wa . karena kisah inilah, Nii Wa diangkat sebagai Dewi pelindung usaha peleburan emas dan perak. perusahaan pembuatan payung, pemintalan kapas dan pembuatan minyak wangi. Dia menciptakan sebuah alat musik tiup, Sheng Huang, semacam serunai untuk menaklukan para roh-roh jahat, sebab itu Jiu Tian xuan Nii juga dianggap sebagai Dewi pelindung perusahaan pembuatan alat musik.

Hari lahirnya di peringati pada tanggal 15 bulan 9 Imlek. gabungan pembuatan payung mendirikan kelenteng pemujaan Jiu Tian Xuan Nii yang sekarang terletak dibekas tempat perhimpunan orang2 Tong An, di Taiwan .

Sumber : buku " Dewa - Dewi Kelenteng " di cetak oleh Yayasan Kelenteng Sampookong , Gedung Batu - Semarang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar