Selasa, 12 Juni 2012

Mengapa Saya Harus Belajar Bahasa Indonesia

Hal pertama yang pasti saya ungkapkan, karena saya tinggal di Indonesia jadi Bahasa Indonesia merupakan “mother language” yang harus saya pelajari untuk mempermudah komunikasi saya dengan orang lain. Selain itu untuk menunjang kegiatan sehari – hari saya seperti kuliah, berorganisasi, dan bahkan untuk mencari pekerjaan maka belajar Bahasa Indonesia merupakan suatu keharusan. Dengan memiliki susunan kata yang santun dalam berbicara akan meningkatkan “daya jual” saya di hadapan banyak orang. Karena selain kemampuan akademik, personal skill merupakan salah satu aspek penilaian bagi orang lain.

Tak dapat dipungkiri saat ini penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan masyarakat khususnya generasi muda sangat memprihatinkan dalam arti kata Bahasa Indonesia yang sarat akan nilai – nilai sopan santun dan tata krama semakin memudar. Budaya asing yang juga secara tak langsung mengintervensi Negara Indonesia menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan generasi muda. Selain membuat para generasi muda lebih menyukai budaya mereka, kini para generasi muda pun lebih memilih untuk menggunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari – hari dibandingkan dengan Bahasa Indonesia. Jadi, saya selaku bagian dari generasi muda tersebut ingin menanamkan kembali nilai – nilai luhur yang kini semakin tidak dipedulikan oleh generasi muda. Maka dari itu saya harus belajar Bahasa Indonesia secara baik dan benar tentunya, karena selain sebagai alat komunikasi, bahasa juga merupakan warisan turun-temurun yang patut dijaga kelestariannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar