Sabtu, 09 Maret 2013

Analisis Artikel Jurnal Agency Cost


     Analisis artikel jurnal kali ini mengenai dampak struktur modal pada biaya agen, dengan menggunakan studi kasus pada perusahaan publik Inggris. Jurnal terkait adalah: The Impact of Capital Structure on Agency Costs: Evidence from UK Public Companies.

     Jurnal ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris mengenai hipotesis biaya agensi yang menunjukkan adanya peningkatan leverage dapat mengurangi biaya agensi. Dalam jurnal ini menggunakan tes multivariat dan univariat. Tes multivariat digunakan untuk menunjukkan hubungan umum antara biaya leverage dan lembaga secara signifikan negatif. Tes univariat selanjutnya digunakan untuk menilai apakah biaya agensi secara signifikan berbeda ketika sebuah perusahaan memiliki utang yang relatif lebih tinggi untuk rasio aset.

     Penulis (Jensen dan Meckling) mengumpulkan banyak bukti empiris, misal Ang et al. (2000), dan Fleming et al. (2005), menunjukkan bahwa biaya agensi yang dihasilkan dari konflik antara pemegang saham luar dan pemilik-manager dapat dikurangi dengan meningkatkan proporsi pemilik-manajer ekuitas, yaitu, biaya agensi bervariasi berbanding terbalik dengan kepemilikan manajer. 

     Secara teoritis, Jensen dan Meckling (1976) berpendapat bahwa harus ada struktur modal yang optimal, di mana biaya agensi terendah dari perusahaan dapat disimpulkan dari variabel independen.
Tujuan utama dari jurnal ini adalah untuk memberikan beberapa bukti tentang pengaruh leverage pada biaya agensi dengan menggunakan data dari Inggris. Pada bagian 2 dilakukan kajian literature umum, bagian 3 membahas data dan variabel yang digunakan dalam tes dan metodologi penelitian ini secara rinci. Hasil empiris dari penelitian akan disajikan pada bab 4 dan pada bab 5 akan berisikan kesimpulan dan arah penelitian masa depan.

     Umumnya, biaya agensi yang terkait dengan utang terdiri dari hilangnya kekayaan peluang, yang disebabkan oleh dampak utang terhadap keputusan investasi, biaya kebangkrutan perusahaan dan pengeluaran monitoring dan ikatan (Jensen dan Meckling, 1976). Konflik memutuskan sebagian besar kepentingan di antara mereka akan bahwa mereka memiliki klaim yang berbeda pada arus kas (Jensen 1986). Pemegang saham memiliki klaim sisa pada arus kas. Apa yang mereka pedulikan adalah keuntungan dan pendapatan dari proyek-proyek mereka berinvestasi.

     Jensen dan Meckling (1976) menyatakan bahwa pemantauan kegiatan oleh pemegang utang akan cenderung meningkatkan tingkat optimal monitoring dan karenanya akan meningkatkan manfaat marjinal. Terlebih lagi, bank-bank yang merupakan salah satu sumber utama dari dana eksternal khususnya untuk perusahaan kecil juga memainkan peran penting dalam memantau kegiatan manajer. Sebagai bank umumnya meminta manajer untuk melaporkan pernyataan perusahaan jujur ​​dan menjalankan bisnis secara efisien dengan keuntungan, pengawasan bank melengkapi pemantauan ekuitas pemegang 'yang secara tidak langsung mengurangi owner-manager biaya agensi (Ang et al., 2000). Selain itu, leverage finansial yang lebih besar dapat mempengaruhi manajer dan mengurangi biaya agensi melalui ancaman likuidasi.

     Dalam jurnal ini dapat kesimpulan mengenai hubungan negative antara leverage dan biaya agensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan terbalik yang signifikan pada tingkat 10%. Selain itu, ditemukan bahwa ukuran perusahaan terkait negatif terhadap biaya agensi dengan tingkat signifikan 1% dan kinerja perusahaan berbanding terbalik dengan biaya keagenan tetapi tidak signifikan.

     Hasil dalam tes univariat serupa dengan hasil tes multivariat bahwa peningkatan leverage tidak mengurangi biaya agensi. Namun, ketika leverage yang cukup tinggi, peningkatan lebih lanjut dalam leverage akan mengakibatkan efek yang berlawanan dari hipotesis biaya agensi. Tapi ini efek sebaliknya tidak signifikan. Tidak ada bukti yang signifikan ditemukan ketika menguji apakah efek memanfaatkan biaya agen menjadi lebih kuat ketika perbedaan memanfaatkan perusahaan pada tahapan yang berbeda leveraged semakin besar.
     Singkatnya, hasil empiris yang disajikan oleh penulis mendukung hipotesis biaya agensi.

aina
c=*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar